Rabu, Agustus 19, 2009

PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID JAMI BAITURRAHIM DESA JATISABA KECAMATAN PURBALINGGA

PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID

“JAMI’ BAITURRAHIM”

DESA JATISABA KECAMATAN PURBALINGGA

KABUPATEN PURBALINGGA

 

                        

I.        PENDAHULUAN

1.      Dasar Pemikiran dan Pedoman

Pembangunan manusia seutuhnya adalah pembangunan yang ditinjau dari berbagai aspek, antara lain aspek fisik, mental dan sosial. Pembangunan fisik lebih dekat kaitannya dan sangat mudah diukur dengan melihat kehadiran bentuk fisik dari obyek yang dibangun. Sedangkan pembangunan mental atau rohani lebih sukar diukur secara kasat mata. Namun demikian pembangunan fisik harus selalu seimbang dengan pembangunan mentalnya. Sebagai salah satu contoh aktifitas pembangunan fisik adalah dengan bermunculannya gedung – gedung pencakar langit dan kawasan – kawasan industri baru yang bertujuan untuk menfasilitasi dan mempercepat laju pertumbuhan yang bersifat fisik khususnya dalam hal perekonomian. Dengan demikian salah satu wujud ungkapan langkah nyata dalam kegiatan pembangunan mental spiritual yang sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat keagamaan adalah tentunya juga dengan melakukan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana sebagai media untuk mendukung setiap kegiatan keagamaan tersebut. Salah satu contoh sarana tersebut adalah dengan adanya rumah ibadah.

Membangun rumah ibadah yang sudah dilengkapi dengan prasarana yang sangat memadai merupakan harapan yang tidak mudah diraih namun juga bukan sesuatu hal yang mustahil untuk diwujudkan, apabila ada niat tulus ikhlas ataupun uluran tangan dari umat yang peduli atas kemajuan agamanya. Sebagai umat islam yang peduli terhadap agamanya tentu kita harus mewujudkan sebuah rumah ibadah (sebuah masjid) yang memiliki sarana yang memadai untuk kenyamanan beribadah. Ibadah sebagai salah satu menifestasi kita sebagai hamba ALLAH SWT untuk memperoleh Ridho-Nya dalam hidup ini. Maka peran dan fungsi masjid disini akan menjadi sangat penting. Tak pelak lagi bagi kaum muslimin yang bertaqwa kepada ALLAH SWT, bahwa membangun dan memakmurkan rumah ALLAH SWT tersebut menjadi sebuah kewajiban dimanapun umat islam berada. Sebagaimana Firman ALLAH SWT dalam kitab suci AL Qur’an : 

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.( Q.S. At-Taubah : 18 )

 Dalam sebuah Hadist riwayat Muslim Rasulullah SAW bersabda :

“ Barang siapa membangun masjid karena ALLAH, maka ALLAH akan membangun baginya sebuah istana di surga” 

  1. Latar Belakang

a.       Masjid “Jami’  Baiturrahim “ merupakan masjid yang letaknya sangat strategis karena terletak di tengah Desa Jatisaba dan dipinggir jalan raya. Selain itu, Masjid “ Jami’ Baiturrahim” sebagai tempat ibadah keagamaan seperti Sholat Jum’at, Sholat Tarawih dan peringatan hari-hari besar keagamaan, jumlah jamaah semakin bertambah dan melimpah sehingga tak dapat tertampung di dalam masjid.

b.       Kondisi atap/langit-langit masjid yang sudah rapuh sehingga dapat membahayakan jama’ah dan menjadikan kurang nyaman dalam menjalankan ibadah didalam masjid. Selama ini rehab/perbaikan masjid, baru sekadar dinding dan lantai saja.

c.       Kesiapan Pengurus/Takmir Masjid  dan masyarakat Desa Jatisaba dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan Masjid “Jami’ Baiturrahim”.

d.       Dengan memperhatikan 3 point diatas sudah selayaknya Masjid “ Jami’ Baiturrahim” dikembangkan/direnovasi agar dapat menampung jama’ah sebagaimana mestinya dan menjadi lebih nyaman.

 

  1. Tujuan

Pembangunan Masjid “ Jami’ Baiturrahim” ini bertujuan untuk :

1.       Meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga Desa Jatisaba dan sekitarnya

2.       Meningkatkan kualitas ibadah kaum Muslim di Desa Jatisaba dan sekitarnya.

3.       Sebagai sarana pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keagamaan khususnya untuk mendukung program pemberantasan buta membaca Al-qur.an.

4.       Sebagai tempat menyambung tali silaturrahim dan lebih mempererat ukhuwah islamiyah bagi kaum muslim warga Desa Jatisaba dan sekitarnya

5.       Sebagai sarana dakwah dalam penegakan amal makruf nahi munkar

 

  1. Target Pencapaian Pembangunan

Melalui proposal pembangunan masjid “Jami Baiturrahim” ini diharapkan mendapatkan target pencapaian hasil pembangunan sebagai berikut :

1.       Perluasan bangunan fisik Masjid

2.       Fasilitas penunjang seperti : tempat wudhu, perpustakaan dan ruang Takmir Masjid

3.       Target pencapaian yang diharapkan ini tentunya mudah-mudahan merupakan sesuatu yang benar-benar dapat terealisasi, demi kekhusu’an dan kenyamanan dalam beribadah nantinya.

 

II.     RENCANA KEGIATAN PEMBANGUNAN

Agar pembangunan Masjid “Jami’ Baiturrahim” Desa Jatisaba  ini berjalan dengan baik dan skematis, maka disusunlah rencana kegiatan pembangunan masjid tersebut. Berikut tahapan - tahapan umum dari rencana kegiatan pembangunan Masjid “Jami’ Baiturrahim” :

1.       Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid

2.       Penyusunan proposal dan surat - surat pendukung rencana kegiatan pembangunan

3.       Penyerahan proposal kepada para Donatur

4.       Penggalangan dana pendukung kegiatan pembangunan Masjid

5.       Pembangunan fisik Masjid

6.       Proses instalasi pendukung Masjid ( Listrik & Air )

7.       Evaluasi kegiatan pembangunan Masjid

Untuk rencana kegiatan pembangunan yang lebih rinci dapat dilihat pada lampiran proposal.

 

III.         Susunan Panitia Pembangunan Masjid

Susunan  kepanitian terlampir

  

IV.   Sumber Dana

Kepada para donatur/ dermawan yang berkeinginan menyalurkan amal sodaqoh, infak, zakat dan hibah dapat disalurkan melalui :

 

Nama               : Panitia Masjid Jami’ Baiturrahim

No Rek             : 237.700.3849 / Bank Syariah Mandiri Cab. Purbalingga

 

Nama               : Tarisun – Firman Haryadi, SPd

No Rek             : 097.031.8330 / Bank Central Asia ( BCA ) Cab. Purbalingga

  

V.      Rencana Anggaran Biaya

Rencana Anggaran Biaya (RAB ) Terlampir

 

VI.   Rencana Gambar / Konstruksi

Rencana Gambar / Konstruksi terlampir

 

VII. Penutup

Tidaklah ALLAH SWT itu tidur dan Maha Mengetahui, tidak ada satu perbuatan kita yang luput dari ALLAH SWT. Sehingga sekecil apapun perbuatan baik dan amal soleh setiap manusia di atas muka bumi ini akan memperoleh ganjaran pahala yang dilipat gandakan oleh ALLAH SWT. Sebagaimana firman-Nya dalam kitab suci Al Qur.an :   

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. ( Q.S. Al Baqoroh : 261 )

 Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.        ( Q.S. Ali Imron : 104 )

 Pada bagian penutup ini kami dari panitia pembangunan / renovasi  Masjid  “ Jami’ Baiturrahim” Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga mengucapkan syukur kehadirat ALLAH SWT karena telah menggerakkan hati baik kepada panitia maupun kepada para donatur untuk selalu beramal melalui berbagai cara baik dengan harta, jiwa, maupun tenaga.Yang kesemuanya itu tidak lain kita harapkan akan menjadi penolong kita pada hari kebangkitan nanti, di mana matahari hanya berjarak begitu dekat dengan kepala kita, dimana pada hari itu  kita tidak lagi mampu bertegur sapa.

Kami panitia menyadari sepenuhnya begitu banyak kekeliruan yang mungkin terjadi dalam kegiatan pembangunan Masjid ini. Tanpa hidayah dan Ridho ALLAH SWT serta tanpa uluran tangan dan jalinan kerjasama dari para donatur tentu rencana pembangunan Masjid ini tidak akan terwujud. Untuk itu kami panitia pembangunan Masjid “Jami Baiturrahim” mengucapkan banyak terima kasih yang tak berhingga kepada para donatur yang telah ikhlas menyisihkan sebagian hartanya di jalan ALLAH untuk membantu rencana pembangunan Masjid ini.

Semoga ALLAH SWT meneguhkan Tauhid dan Aqidah kita, serta semoga ALLAH SWT selalu memberikan kemenangan atas para Mujahid . Mujahid yang berjuang di jalan ALLAH SWT baik dengan jiwa, harta maupun tenaganya. AMIN YA ROBBAL ‘ALAMIN.

Jazakumullah Khoiron Katsiro.

Ketua Panitia

Tarisun

Sekretaris Panitia

Arif Priyadi,SPt

Mengetahui,  

Camat Purbalingga          

Yani Sutrisno Udi N. S.Sos

Kepala Desa Jatisaba

Hj. Herawati  

Ketua Takmir Masjid  

Jami’ Baiturrahim

Masnui, SPd                   

 

 



13 komentar:

  1. maju terus dan lanjutkan pembangunan masjid sampia selesai

    BalasHapus
  2. andri-semarang22 Agustus 2009 09.00

    Alhamdulillah....
    apa yang bisa saya bantu?

    BalasHapus
  3. andri-semarang22 Agustus 2009 09.07

    oh ya, saya ada beberapa usul untuk penggalangan dana,
    1. buat kaleng infak di tiap2 rmh
    2. bentuk donatur tetap untuk masjid dan kegiatan keagamaan di desa
    3. buat semacam sertifikat wakaf misal dengan nominal 50rb, 100rb, atau 250rb. kayaknya buat ngumpulin dananya bisa lebih cepet. apalagi kalau itu bisa tawarkan sama orang2 kita yang diperantauan atau yang sebentar lagi pada mudik lebaran. kan moment-nya cukup bagus. daripada duitnya buat hura-hura, kan lebih manfaat kalau buat investasi di Akhirat. nilai return(kembalian)nya jelas tak terhingga. he he...
    proposalnya ditunggu loh...

    Tetap semangat...
    andri(abazahro@yahoo.com)

    BalasHapus
  4. Oke Mas Andri di Semarang.. punya sample sertifikat wakaf? coab dikirim ke kami ntar kami desain ulang untuk di share ke saudara2 kita di perantuan.terimakasih atas dukungannya

    BalasHapus
  5. andri-semarang25 Agustus 2009 12.14

    Contoh sertifikat masjid sudah saya kirim ke alamat email panitia. mudah2an bisa bermanfaat.
    ternyata sertifikat wakaf tunai ini sudah digagas oleh Badan Wakaf Indonesia sejak lama. dan sudah banyak masjid-2, tempat usaha, dll. yang sudah dibantu.
    oh ya, karena kaya-nya masjid kita ini perlu dikelola secara profesional. mungkin perlu ditambahkan satu ruang khusus untuk penjaga masjid yang digaji secara profesional. demikian pula jika dimungkinkan untuk imam dan muadzin-nya. trima kasih.

    BalasHapus
  6. Isya Allah saya akan ikut mendukung rencana panitia pembangunan masjid jami' Baiturrahim desa Jatisaba terutama soal pendanaan, karena saya tahu persis kondisi fisiknya yang memang sudah saatnya untuk direhab total. Untuk panitia mohon secapatnya dikirim proposal ke alamat saya di Jl. Raya Penggilingan, RT 010/07, no. 101, Penggilingan, Cakung, jakarta Timur, 13940 agar saya juga dapat membantu mencari dana tambahan dari teman-teman saya di kantor.

    BalasHapus
  7. Halo panitia, saya punya perlengkapan sound system (wireless microphone) masih baru dan belum pernah dipakai (merek Boston) seharga Rp. 1.200.000,-. Kira-kira masjid Baiturrahim memerlukannya atau tidak ya? Atau barangkali sudah punya atau belum? Mohon tanggapannya.

    BalasHapus
  8. @pak Sugeng: sound system boleh juga tuh buat dipake di masjid. Setuju!!! semoga Allah membalas segala kebaikan bapak. amin

    BalasHapus
  9. @pak Sugeng: boleh juga tuh sound systemnya pasti suaranya mantap barangnya masih baru, coba kami dikirimkan gambarnya di email aja ke jamibaiturrahim@gmail.com. nanti akan kami diskusikan dengan panitia. Kalo wireles sangat dibutuhkan ketika ada acara di luar ruangan, mungkin jauga pada saat sholat 'Ied atau kegiatan lainnya.
    @Mas Andri : untuk proposal sudah jadi, kira2 kebutuhannya berapa ntar kami paketkan ke alamat, Alamatnya mana yah? biar gak nyasar kemana-mana

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas pengiriman proposal pembangunan masjid jami' Baiturrahim dan sudah saya copy (colour) untuk disebar kepada teman-teman satu kantor. Untuk sekarang masih dalam pengkajian oleh mereka agar kiranya bisa ikut berpartisipasi membantu pembangunannya. Insya Allah besok Senin 07 Sept. 2009 baru akan menyerahkan sumbangannya kepada saya, dan berapapun besarnya sumbangan tersebut akan saya kirimkan kepada panitia.

    BalasHapus
  11. Dan insya Allah untuk wireless microphone yang akan saya sumbangkan untuk masjid akan saya lengkapi pula dengan standing mic-nya sebanyak 2 set (satu yang tinggi dan satu lagi yang pendek)

    BalasHapus
  12. terimakasih atas sumbangan masyarakat Jatisaba baik di tempat maupun yang telah mantransfer sebagian rizkinya untuk dan ikut melanjutkan serta menyelesaikan pembangunan masjid jammi'Baiturrohim.Semoga Amal jariyah bapak/ibu,saudara mendapat balasan dari ALLAH Swt.Amin...amin...ya...Robbal'alamin
    dari M.Dharmoen Rs,Bsc ( brebes )

    BalasHapus
  13. ass. profesi saya arsitek. bersedia membantu secara ikhlas khususnya berkaitan dengan keilmuan saya bagi pembangunan & pengembangan masjid. trims. wass.

    BalasHapus

Silahkan mengisi saran komentar dan harapannya. Terimakasih